Foto: Tekno Sindonews

Aset Digital – Sebelum masuk kedalam inti pembahasan, mari kita bahas sedikit tentang asset digital itu sendiri. Kalian tau ga sih apa yang dimaksud dengan asset digital itu? Mungkin banyak dari kalian berpikir bahwa asset digital adalah asset yang dimiliki dalam bentuk digital. Sebenarnya, hal itu tidak dapat dikatakan sepenuhnya salah dan tidak dapat dikatakan benar juga, karena dalam pengertian sebenarnya, asset digital adalah segala macam tulisan tulisan atau media yang diformat ke dalam bentuk file biner. Asset digital ini bisa dilihat juga sebagai barang nyata yang kita klaim kepemilikian dan kontrol atas nilainya.

Dengan kemajuan teknologi, di zaman sekarang banyak orang ingin memiliki asset digital, karena dengan memiliki asset digital kita akan memiliki banyak manfaat seperti alternative pemasukan pasif, dimana hal ini akan menambah penghasilan kita suatu saat nanti. Lalu, asset digital apasih yang kita punya tapi masih tidak kita sadari? Asset digital itu adalah akun sosial media kamu, sosial media adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosial, baik itu berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto dan video. Tidak dipungkiri bahwa kehidupan sehari-hari kita kini sudah erat dengan sosial media, di Indonesia sendiri hampir 200 juta pengguna aktif sosial media di tahun 2022, hal ini lebih dari 50% masyarakat Indonesia menggunakan sosial media setiap harinya.

Sosial media dapat dijadikan asset digital kalau kamu memanfaatkannya dengan baik, pasti kamu banyak memfollow selebgram atau influencer di sosial media kamu kan. Nah, akun mereka adalah salah satu bentuk asset digital. Dengan memiliki followers yang banyak dan membangun image diri yang baik kamu dapat mempengaruhi mereka seperti kamu melakukan promosi dan sebagainya. Tentu ini akan menjadi hal yang baik untuk kalian menambah pundi-pundi uang yang masuk ke kantong kalian.

Jadi, apakah kamu udah memanfaatkan akun sosial media kamu untuk dijadikan asset digital?